Sabtu, 06 Oktober 2012


Saat ini perkembangan telematika di Indonesia sangatlah pesat. Meskipun saat ini perkembangannya masih tertinggal  dengan negara-negara maju seperti Amerika, Jepang dan Korea. Contohnya saja masalah koneksi internet. Bahkan dibandingkan dengan negara-negara di ASEAN, Indonesia pun hanya menempati urutan ke-8 dari 10 negara.

Padahal sekarang ini, kecepatan koneksi internet sangatlah dibutuhkan. Semenjak tren jejaring sosial marak di Indonesia seperti Facebook dan Twitter, masyarakat Indonesia terutama pada kalangan remaja menjadikan situs- situs jejaring sosial tersebut sudah menjadi kebutuhan hidup mereka. Dan dikarenakan perkembangan telematika, kebanyakan situs – situs tersebut semakin mudah diakses melalui gadget atau smartphone seperti Android, BlackBerry dan yang lainnya. Mengapa demikian? Karena perkembangan telematika membuat handphone tidak sebagai alat komunikasi telepon dan sms saja, handphone sekarang sudah disertai fitur-fitur canggih seperti koneksi internet dari 3G sampai 3,5G, GPS, dan berbagai macam aplikasi yang memudahkan dan memanjakan pengguna smartphone. Google dengan Android contohnya. Dengan open source nya yang memudahkan pengembang (developer) untuk meningkatkan kinerja dari sistem operasi Android dan ribuan aplikasi yang dapat di download gratis, membuat smartphone tersebut populer dan cepat diterima oleh kalangan masyarakat Indonesia.

Seiring dengan perkembangan zaman, perkembangan telematika di Indonesia mengalami kemajuan yang pesat. Hal tersebut dikarenakan kebutuhan masyarakat dengan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin berkembang pula.
Reaksi:

0 komentar:

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!