Jumat, 13 Januari 2012

Mau coba bikin aplikasi map buat android dari eclipse?? udah buat tapi kok di emulator mapnya gak muncul??

Salah satu kesalahannya adalah tidak mencantumkan google API Key pada main.xml. API Key digunakan untuk menampilkan map di android.


Contoh API Key pada main.xml

Setiap komputer/laptop yang digunakan cuma bisa menggenerate 1 API Key,,,,,,
Langkah-langkah mendapatkan API Key :

1)Cari file debug.keystore di C:\Documents and Settings\<username>\Local Settings\Application Data\Android untuk XP atau C:\Users\<username>\.android  untuk windows 7


2)Copy file debug.keystore ke direktori C:\android (silahkan buat sendiri folder android nya, dan ini hanya memudahkan kita untuk langkah selanjutnya, kalo g dicopy juga ga papa, tapi nanti penulisan panjang)


3)Buka Command Prompt(cmd) dan masuk ke direktory JDK di program files untuk mengeksekusi keytool.exe,,,,biasanya letak address nya di C:\Program Files\Java\<JDK_version_number>\bin



4)Lanjutkan dengan command :
keytool.exe -list -alias androiddebugkey -keystore 
"C:\android\debug.keystore" -storepass android -keypass android
Tekan enter dan hasilnya akan keluar fingerprint (MD5) setiap komputer/leptop beda-beda...

5)Copy fingerprint nya dan buka http://code.google.com/android/maps-api-signup.html 
  Scrool kebawah, ceklist I have read and agree with the terms and conditions  dan masukkan kode fingerprint yang tadi dicopy dari cmd...
    Klik generate API Key.....

6) Taraa,,,,, sekarang anda sudah mendapatkan Map Api Key,,,(copy key ke txt agar bila membutukan lagi tidak usah generate)
mantap kan,,,,,,
hoohohoho,,,,lanjutkan membuat map android...>.<


Reaksi:

7 komentar:

ikasulli mengatakan...

makasih infonya sesama anak gundar :D

dimaz marham mengatakan...

sama2...

Anonim mengatakan...

kalo google map api billingnya pengaruh ga?

dimaz marham mengatakan...

billing apaan yah??

aizat mengatakan...

maaf mengganggu saya hanya ingin berbagi artikel yang berkaitan tentang pencarian lokasi dengan android
berikut linknya :
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1105/1/50407046.pdf
semoga membantu :)

testing mengatakan...

sekarang kok linknya udah gak ada?

dimaz marham mengatakan...

iye sekarang pake map api v2,,,,

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!