Sabtu, 25 September 2010

EASY BCD

Kemarin saya kebingungan, karena laptop saya gagal untuk mengistal 2 OS(Operating System). Tadinya laptop saya memakai Windows 7 Professional, karena Windows 7 kurang kompetibel (tidak bisa running) dengan berbagai software dan kurang mendukung berbagai game, saya berencana untuk memakai 2 OS dalam 1 laptop. Sebelumnya saya berhasil mentripelkan OS (Windows 7, Windows Xp dan Linux UBUNTU)dengan laptop saya yang lain (saya mempunyai 2 laptop, Axioo MNC dan ASUS A42JK, yang berhasil di Axioo), saya pun tanpa ragu untuk menginstal Windows XP ( lain partisi dengan Windows 7 yang telah saya instal terlebih dahulu). Setelah selesai, yang running sudah pasti Windows XP nya, karena Windows 7 boot nya ditimpa dengan XP. Bagaimana caranya agar Windows 7 bisa muncul lagi? Biasanya saya melakukan repair Windows 7, supaya waktu melakukan booting menjadi 2 pilihan, Windows 7 atau XP yang akan dipergunakan. Tetapi setelah saya selesai melakukan repair dan merestart laptop saya, eh malah gak ada pilihan Windows 7 atau XP yang akan dipergunakan, tetapi langsung melakukan booting Windows 7....

Saya langsung bingung, biasanya gak begini, walahhh....

Tetapi dengan Rahmat Tuhan YME, saya jadi ingat teman saya pernah ngasih yang namanya EASY BCD, kata dia sih buat memunculkan OS yang sudah di instal tetapi tidak bisa di jalankan (pas lagi booting gak muncul pilihan OS mana yang akan dipergunakan). Langsung saja saya cari dan instal EASY BCD nya, saya setting sana sini, lalu saya restart, dan....

Tadaaaaaaa....

Sekarang sudah ada pilihannya, mau pake Windows XP atau Windows 7...
Mau tau caranya???? Kasihhhhh dahhhhh.....

TUTORIAL EASY BCD

1.Kalo belom punya softwarenya DOWNLOAD DISINI , kecil kok sizenya cuma 800kb.....
2.Instal EASY BCD nya..
3.Kalo udah diinstal pasti ada di desktop...
4.Jalankan EASY BCD yang ada di desktop...

















5.Pilih Add/Remove Entries...

















6.Pada Add an entry, pilih Windows...
7.Pilih drive instalan Windows XP pada kolom Drive (Kalau saya di D:)...
8.Pada Type pilih Windows NT/2k/XP/2k3...
9.Name diisi sesuai anda (Kalau saya Windows XP)...
10.Pilih Add Entry...
11.Akan muncul Windows XP di Manage Existing Entries...

















12.Pilih Save....
13.Close....
14.Selesai deh.....

Tadaaaaaaaaa......

Jadi kan bootnya sekarang ada 2, Windows 7 dan Windows XP....
Selamat Mencoba..........


Categories:

11 komentar:

Anonim mengatakan...

asek

Anonim mengatakan...

GOOOD

Anonim mengatakan...

mas itu install easy bcd nya di xp atau di 7 ya? soalnya kmrn saya install di xp ga bs2.. tlg batuannya ya mas

Anonim mengatakan...

maaf, bukan nya mao ngeduluin admin. @Anonim_ easy bcd nya khusus buat Windows 7, kagak cocok di xp. @Admin, thank U atas tutorialnya.

Unknown mengatakan...

thanks om jhon udah bantu,,,,

robert crist mengatakan...

thaks gan

masalah ane uda end
hahahahha
thanks ya gan
gbu

Anonim mengatakan...

laptop saya pake winXP dan OpenSuse. Saya mau ganti winXP jadi win7. caranya gimana nih. Easy BCDnya diinstal dimana?

Unknown mengatakan...

kalo mau ganti ya tinggal di format aje dulu win xp nya pas instalasi win 7....

kecuali agan mau 3 OS (XP, OpenSource, 7)...

M. Yazid bustomi mengatakan...

win 7 ma win 8 koq yang boot dlu win8 sih gan,,,,
malah gag da pilihan win nya ketika boot

Unknown mengatakan...

situ instalnya win 7 dulu kan baru win 8, coba masukin kaset win 7, masuk ke instalernya >> repair..ntar masuknya ke win 7 lagi, nah dari win 7 itu coba pake easy bcdnya, setting 2 boot ,,,,
kalo g bisa, coba cari easy bcd yg baru, sapa tau g cocok sama win 8 yg ini,,,,

Unknown mengatakan...

mau tanya, laptop ane kan udah diinstall windows 8 trus ternyata ane butuh 1 software yg cuma bisa diinstal di windows xp, yp pas mau install windows xp nya kok ga bisa ya? mohon pencerahan dong. thx

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!