Selasa, 01 November 2011

Tauhkah kamu ada lebih dari 1.000 suku di Indonesia dengan lebih dari 700 bahasa daerah yang digunakan?Coba bayangkan bagaimana kita, warga negara Indonesia, saling berinteraksi dengan bahasa yang berbeda-beda. Maka dari itu perlu adanya bahasa pemersatu, bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional sebagai alat pemersatu bangsa yang berbeda Suku, Agama, ras, adat istiadat dan Budaya. Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dibuktikan dengan masih digunakannya bahasa Indonesia sampai sekarang ini. Tidak seperti negara persemakmuran, contohnya Malaysia yang merupakan persemakmuran Inggris yang harus bisa menggunakan bahasa Inggris.

Bahasa Indonesia dinyatakan kedudukannya sebagai bahasa nasional pada tanggal 28 Oktober 1928 pada Sumpah Pemuda. Salah satu isi dari sumpah pemuda yang menyatakan bahwa bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, bahasa persatuan dilihat dari kalimat "Kami poetra dan poetri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, Bahasa Indonesia". Dan juga pada proklamasi kemerdekaan Indonesia, bahasa yang digunakan juga bahasa Indonesia.

Oleh karena itu, sistem pendidikan di Indonesia mata pelajaran bahasa Indonesia wajib di ikuti mulai dari SD, SMP, SMU, sampai Perguruan Tinggi. Tetapi apa yang dilakukan remaja zaman sekarang. Menganggap mempelajari bahasa Indonesia tidaklah penting, menganggap remeh. Mereka lebih bangga kalau nilai pada mata pelajaran bahasa asing mereka mendapatkan nilai tinggi. Mereka pikir bahasa Indonesia dengan sendirinya akan mereka pelajari di kehidupan sehari-hari. Tapi apa yang terjadi, tidak sedikit pada Ujian Nasional yang tidak lulus pada pelajaran bahasa Indonesia. Mungkin mereka lebih berminat mempelajari bahasa asing terutama bahasa Inggris, karena di era globalisasi ini penggunaan bahasa Inggris banyak di gunakan sebagai syarat untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Jarang di bursa pekerjaan disebutkan harus menguasai bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Untuk apa mempelajari bahasa Indonesia?Salah satu manfaat terbesar mempelajari Bahasa Indonesia adalah sebagai alat berkomunikasi sesama pengguna bahasa Indonesia. Karena di Indonesia bahasa utamanya adalah bahasa Indonesia, maka untuk berkomunikasi antar warga negara Indonesia harus menguasai bahasa Indonesia, meskipun tidak hanya warga Indonesia yang mampu mengerti dan menggunakan bahasa Indonesia. Selain itu mempelajari bahasa Indonesia juga agar kita tahu apa saja aturan yang ditetapkan pada penggunaan bahasa itu sendiri. Seperti, penggunaan kosa kata, kata kiasan, perumpamaan, dan lainnya. Kehidupan manusia tidak mungkin dilepaskan dari kegiatan berkomunikasi. Apa pun bidang kegiatan yang akan diterjuni seseorang, pastilah dia tidak bisa menghindar untuk tidak berkomunikasi.
Reaksi:

0 komentar:

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!